Sukacita Pemulihan

Dulu hidupku jauh dari Bapa
Aku melangkah jauh tanpa arah
Tenggelam dalam dosa, habiskan semua harta
Terhilang, tersesat!

Kusadar kasih Bapa memulihkan
Kudatang ampun dosa, seg’ra pulang
Kembali pada Bapa, dengarkan suara Bapa
Pulanglah oh anakku

Reff
Sorak sukacita yang hilang t’lah kembali
Sambut pesta sukacita
Kasih karunia, anug’rah berlimpah
Sukacita pemulihan

Lagu “Sukacita Pemulihan” diaransemen tim musik Pemuda Maranatha untuk mengiringi drama musikal
“Anak Yang Hilang”, yang memaparkan kasih karunia Bapa yang berlimpah dan memulihkan. Drama musikal ini diambil dari Lukas 15:11-32.

Berdasarkan hukum taurat, anak yang durhaka: anak yang memberontak kepada orangtua, anak yang tidak mendengarkan nasihat orangtua,  seharusnya dilempari dengan batu sampai mati. Namun, kasih karunia Bapa membawa pemulihan. Bapa berlari-lari menyambut anak yang sudah menghabiskan harta Bapa. Tidak ada pelemparan batu, tidak ada hukuman, tetapi yang ada : PEMULIHAN.

Apa yang dipulihkan?

  1. Pakaian dan Jubah
    Pakaian atau juba berbicara mengenai kebenaran. Apabila Tuhan memulihkan kita, Tuhan tidak lagi mengungkit-ungkit kesalahan kita yang lalu.
  2. Cincin
    Cincin berbicara mengenai otoritas atau kuasa. Pemulihan akan membawa kita kepada kuasa untuk menikmati kemenangan walaupun kita sudah jatuh berkali-kali, gagal berulang kali. Tuhan sanggup membawa pemulihan bagi kita.
  3. Sepatu / kasut
    Di zaman Israel, budak tidak menggunakan kasut. Kita bukan lagi budak, tetapi kita adalah anak-anak Allah yang berhak untuk menerima pemulihan atas masa depan kita.
    Kasut juga berbicara mengenai kerelaan kita untuk memberitakan kabar sukacita, kabar pemulihan bagi semua orang.

Sangat indah apabila hidup kita dipulihkan oleh Bapa. Namun, pertanyaannya sekarang adalah: apa syaratnya? Hanya ada 1 syarat yaitu: bertobat dan datang kepada kembali kepada Bapa. Si Bungsu menyadari kesalahannya, menyesali perbuatannya dan kembali kepada Bapa. Di saat kita datang kembali pada Bapa, disitulah Bapa berlari mendapatkan kita dan kita menerima pemulihan di dalam rumah Bapa.

Perayaan Natal ini menggugah anak muda untuk menerima sukacita pemulihan dari Tuhan. Di akhir acara seluruh pemuda remaja maju ke depan, dirangkul dan dipeluk oleh orangtuanya dan menerima Sukacita Pemulihan dari Roh Kudus.

Natal Pemuda diselenggarakan Sabtu, 20 Desember 2014 dan dihadiri ± 300 jemaat dan undangan dari gereja-gereja dan sekolah-sekolah. Pemuda remaja GPdI Bahalgajah turut memberikan pujian untuk merayakan indahnya Natal bagi kita.

Salam Sukacita Pemulihan.