Take The Limits Off

1 Chronicles 4:9-10

Jabez was honorable above his brothers; but his mother named him Jabez (sorrow maker), saying, because I bore him in pain. Jabez cried to the God of Israel, saying, Oh that You would bless me and enlarge my border, and that Your hand might be with me, and You would keep me from evil so it might not hurt me! And God granted his request.

Yabes merupakan keturunan Yehuda, namun tidak disebutkan siapa ayah dan ibunya. Yabes dikatakan sorrow maker = pembawa dukacita karena ibunya melahirkan dia dengan kesakitan. Tidak dijelaskan secara detail kesakitan tersebut. Yang pasti, Yabes LEBIH DIMULIAKAN, sesuatu yang above, lebih baik daripada saudaranya.

Hidup kita pun sama seperti Yabes. Orang dapat mengatakan kita pembawa sial, tidak bisa berkembang, miskin, begitu-begitu saja, sudah takdir hidup susah, sudah nasib memang sakit-sakitan. Namun, jangan biarkan batasan-batasan itu menghimpit kita.

Ada 2 hal luar biasa yang Yabes lakukan:

  1. Yabes Berseru Kepada ALLAH
  2. Yabes tidak complain jika ibunya menyebutnya sorrow maker. Yabes tidak marah, tidak bersungut-sungut, tidak menyalahkan orang lain. Yang Yabes lakukan adalah berseru kepada Allah Israel. Ya, berseru tentu dengan suara yang keras, dengan segenap hati. Teman-teman yang ingin melepaskan keterbatasanmu, datanglah berdoa setiap hari sabtu jam 4 sore di gereja.

  3. Enlarge Your Territory, Enlarge Your Border
  4. Keterbatasan sering mengurung kita. Yabes akan tetap menjadi sorrow maker, kecuali jika ia merubah pola pikirnya. Enlarge your border = meluaskan pikiran kita, membuka pikiran terhadap hal lain yang mampu melepaskan kita dari batasan-batasan. Yabes tidak membiarkan dirinya dengan keadaan sakit terus-menerus. Yabes meluaskan pikirannya bahwa dia bisa diberkati melimpah-limpah oleh Tuhan. Sekalipun kita masih muda, masa depan penuh pengharapan, masa depan yang gilang – gemilang adalah janji Tuhan untuk kita. Luaskan imanmu, luaskan doamu, luaskan pengharapanmu untuk menerim janji Tuhan.

Bagian yang terakhir dan terpenting adalah ALLAH MENGABULKAN. Doa Yabes meminta berkat melimpah-limpah dikabulkan Tuhan. Yabes tidak tanggung-tanggung meminta kepada Tuhan karena Yabes sudah meluaskan pikirannya bahwa Tuhan sanggup memberkati melimpah-limpah! Ya, hanya orang yang sudah memperluas pikirannya yang bisa diberkati berlimpah-limpah.

Doakan doa Yabes! Berseru kepada Tuhan! Luaskan daerahmu! Go for a better you!