Bangkit dan Jadilah Terang

Yesaya 60:1-2

Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Minggu lalu kita sudah belajar untuk mematikan dosa, tidak membalas perbuatan jahat dengan jahat. Sudah cukupkah dengan mati atas dosa? No! Dunia saat ini sudah penuh kegelapan, kemunafikan, keputusasaan, kegagalan, dan hal-hal lain yang membuat keadaan semakin buruk. Dunia memerlukan terang untuk bangkit dari keterpurukan! Dan, kita adalah terang dunia.

Ada apa dengan terang?

  1. Terang itu menyala.
  2. Sebatang lilin tidak akan berguna tanpa nyala api. Coba cek, apakah api Roh Kudus masih menyala dalam hidup kita? Mencari lilin yang tidak menyala lebih sulit dibandingkan lilin yang menyala. Hendaknya hidup kita menyala dan orang dapat menemukan terang kita dengan mudah. Hidup kita menjadi berkat dan kesaksian.

  3. Terang tidak berguna di tempat terang.
  4. Jangan hidup benar hanya ketika berada di lingkungan gereja saja. Dunia yang gelap memerlukan anda bercahaya di sana. Jadilah terang di rumah, di sekolah/kampus, di lingkungan kerja, dan dimanapun kita berada. Ucapkan perkataan yang membangun, tindakan yang mau dan rela berbagi, dan perbuatan kasih yang nyata.

  5. Terang itu membawa dampak.
  6. Terang rela dibakar untuk menerangi sekelilingnya. Dunia harus dapat merasakan kehadiran kita dengan memberikan terang bagi mereka. Dunia pun akan merasakan kehilangan saat terang kita tidak ada. Sekecil apapun terang itu, terang pasti mengalahkan kegelapan.

Dunia gelap. Banyak orang yang senang dengan kegelapan, tidak suka dengan terang. Sebagai anak-anak terang, suka tidak suka, mau tidak mau kita harus berperang dengan kegelapan. Si jahat tidak senang dengan terang dan berusaha untuk mematikan terang kita. Pandang terus kepada Yesus yang adalah terang dunia. Izinkan Roh Kudus terus membakar terangmu dengan api-Nya yang terus menyala.

Tetaplah bercahaya!